Minggu, 01 Januari 2012

Komunikasi Massa di Era Globalisasi dan sebelum globalisasi



Perubahan komunikasi masa sebelum era globalisasi dan setelah globalisasi merupakan perubahan yang  terjadi karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK),misalnya dahulu berkomunikasi hanya sebatas radio dan Koran,karena pada zaman dahulu terbatas medianya,sekarang setelah globalisasi penggunaan jejaring sosial melalui media internet sangat berfariasi,misalnya dengan menggunakan twitter,facebook,email,dan yang terbaru skipe.
teknologi pencetakan surat kabar pun juga sudah menggunakan teleprinter, redaksinya hanya di pusat,sedangkan pencetakannya dapat di desentralisasikan ke berbagai daerah yang di kehendaki untuk menyebar di seluruh wilayah Indonesia,sehingga menjamin kecepatan penyajian.televisi juga sangat mudah untuk melakukan siaran langsung,semakin banyaknya chanel stasiun televisi dengan karakteristik yang berbeda beda. sehingga kejadian kejadian penting dapat diketahui secara langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya. Pola pikir masyarakatnya juga semakin cerdas dan juga kritis.sehingga bisa menyaring informasi yang diperlukan ataupun tidak.yang benar maupun yang salah.
Penyiaran sebagai bentuk peradaban global, memasuki tahap penyiaran modern pada tahun 1980. Satu tahun sebelumnya, sudah mulai dikenalkan jurnalisme penyaiaran. Radio dan televisi tidak saja menjadi penyaji lagu dan hiburan drama, tetapi sudah merambah pada dunia pemberitaan seperti Buletin Pagi dan Sore.
Perkembangan komunikasi massa dengan media elektronik ini, tidak saja meningkat dalam kualitas produk siarannya, tapi juga meningkat populasinya. Jika pada masa awal tahun 1940-an pesawat tersebut hanya dimiliki oleh perusahaan di negara maju seperti USA dan pemerintah bagi negara-negara yang baru lahir, maka pada perkembangan berikutnya, menjadi milik siapa saja. Artinya, selain pemerintah juga swasta mulai melirik radio sebagai medan usaha.
Perkembangan ini juga terjadi pada media cetak, seperti surat kabar dan majalah dengan berbagai tipenya. Selain berkembang dari segi kualitas, juga dari segi kuantitasnya. Semua media yang menyandarkan hidupnya pada jasa periklanan ini, masing-masing bersaing untuk menjadi yang paling dimiliki dan diperlukan oleh pendengar maupun pembacanya.
Perkembangan-perkembangan dari media ini, berarti semakin memperkaya arus informasi bagi masyarakat, masyarakat sasaran tidak saja menerima informasi yang harus mereka ketahui, tetapi juga informasi yang tidak harus diketahui bahkan yang harus dihindari pun mereka bisa dapatkan. Sementara itu, percepatan komunikasi sangat dibantu oleh perkembangan di bidang telekomunikasi, yaitu dengan dikembangkannya telephone mobile (Hand Phone).
Pada tahun 1983, mulai dipergunakan internet yang kemudian meluas penggunaannya pada tahun 1990, semakin menyempurnakan globalisasi. Perdaban yang lahir dari proses ini adalah perang website, terbentuknya komunitas maya, chating room, kelompok diskusi dan akses informasi serta pengetahuan tanpa batas.
Lebih dari itu, internet ini dijadikan sebagai pilihan dari media-media terdahulu baik yang cetak maupun elektronika untuk lebih memperluas jangkauan dan siarannya. Sehingga muncul kompas online, Waspada online, Metro TV online, Liputan 6 SCTV online, E-Journal, E-Book, E-Magazine dan sejenisnya.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  2. Permainan Slot gratis hanya di Winning303 gabung segera.

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar Slot

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus