Minggu, 25 November 2012

PERILAKU MENYIMPANG DAN SIKAP ANTISOSIAL




PERILAKU MENYIMPANG  DAN SIKAP ANTISOSIAL


1      Pengertian :
Ada beberapa definisi  yang dikemukakan para pakar sosiologi mengenai perilaku menyimpang, antaralain sebagai berikut :
a.       Perilaku menyimpang adalah penyimpangan terhadap kaidah-kaidah dan nilai nilai dalam masyarakat. (Soerjono Soekanto)
b.      Perilaku menyimpang adalah pelanggaran terhadap norma masyarakat. (John J.Macionis)
c.       Perilaku menyimpang adalah perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan diluar batas toleransi (James W.Van der Zaden)
d.      Perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang paling berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang (Robert M.Z.Lawang)

Berdasarkan definisi tersebut, dapat dikaitkan bahwa hakikat dari perilaku menyimpang adalah perilaku seseorang/sekelompok orang yang dianggap melanggar standar perilaku atau norma-norma yang berlaku dalam sebuah kelompok/masyarakat. Bisa pula dikatakan, perilaku menyimpang merupakan perilaku seseorang/kelompok yang dianggap tidak menyesuaikan diri dengan kehendak umum masyarakat/kelompok.

2.      Beberapa Hal Penting
Perilaku menyimpang merupakan gejala sosial yang kompleks. Berkenaan dengan itu, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita memiliki pengertian yang lebih utuh mengenai perilaku menyimpang, yaitu :
·         Seseorang dikatakan berperilaku menyimpang karena orang lain/masyarakat  mengatakannya seperti itu .
·         Standar perilaku masyarakat berubah-ubah dari waktu kewaktu. Karena itu perilaku yang termasuk dalam perilaku menyimpang, berbeda dari waktu kewaktu. Perilaku yang dianggap termasuk dalam perilaku menyimpang  pada masa lalu, belum tentu dianggap sebagai perilaku menyimpang pada masa kini atau masa yang akan datang.
·         Standar perilaku masyarakat yang satu bisa berbeda daangan masyarakat yang lain. Karena itu perilaku yang dianggap sebagai perilaku menyimpang oleh sebuah masyarakat, belum tentu dianggap sebagai perilaku menyimpang oleh masyarakat lain.
·         Perilaku menyimpang dapat berupa tindakan krminal. Contohnya yaitu perilaku mengambil harta milik orang lain tanpa izin (mencuri), membunuh orang, menganiaya, dan sebagainya.
·         Ada pelanggaran hukum yang bukan merupakan perilaku menyimpang, contohnya yaitu sebagian besar pengendara mobil pada umumnya mengendara  dijalan dengan kecepatan sedikit diatas kecepatan yang diperkenankan, namun demikian, hal itu tidak dianggap sebagai perilaku menyimpang.
·         Masyarakat ada kalanya sangat mengecam beberapa perilaku menyimpang tertentu, misalnya penyiksaan anak. Namun, bersikap biasa-biasa saja terhadap beberapa bentuk perilaku menyimpang lainnya. (missal: rambut dicat dengan warna yang mencolok)
·         Apa yang disebut perilaku menyimpang ada kalanya dibuat oleh penguasa untuk melindungi kepentingannya. Contoh: para pemilik perusahaan yang merugi, memiliki hak untuk menutup perusahaan mereka, walaupun tindakan itu mengakibatkan ribuan pekerja kehilangan pekerjaan. Tindakan itu bukan merupakan suatu perilaku menyimpang. Sementara itu, jika para pekerja melakukan demonstrasi dan menyebabkan kerusakan kecil pada lingkungan perusahaan, mereka dianggap telah melakukan tindakan kriminal.

3.      Jenis-jenis perilaku menyimpang
Perilaku menyimpang dapat dibedakan berdasarkan beberapa kriteria atau sudut pandang, yaitu:
3.1.Berdasarkan Jenisnya
a.       Penyimpangan primer (primary deviation) merupakan perilaku menyimpang yang pertama kali dilakukan. Perilaku ini bersifat sementara, tidak dilakukan secara berulang. Sipelaku pada umumnya tetap diterima secara sosial. Ini terjadi karena masyarakat bisa memaklumi penyimpangan tersebut. Contoh : seseorang yang karena sesuatu hal tidak ikut serta dalam siskamling bersama.
b.      Penyimpangan sekunder (secondary deviation) adalah perilaku menyimpang yang merupakan pengulangan dari perilaku sebelumnya. Jadi perilaku menyimpang itu telah berulang-ulang dilakukan seseorang. Contoh: seseorang yang berulang-ulang mencuri, seseorang yang berulang kali menipu (penipu). Masyarakat umumnya tidak bisa menerima secara sosial mereka yang melakukan perilaku menyimpang sekunder.

3.2.Berdasarkan Efek/Dampaknya
a.       Perilaku menyimpang yang bukan merupakan kejahatan, adalah perilaku menyimpang yang tidak termasuk perbuatan pidana. Contoh: orang tua yang masih suka bermain kelereng, bermain petak umpet, dan lain lain
b.      Perilaku menyimpang yang merupakan kejahatan, adalah perilaku menyimpang yang diancam dengan sanksi pidana. Contoh: pencurian, penyiksaan.
c.       Kenakalan remaja, adalah perilaku menyimpang yang umumnya dilakukan oleh kaum remaja. Contoh: perkelahian antarpelajar, penggunaan obat-obatan terlarang.

4.      Fungsi Perilaku Menyimpang
Pada umumnya, perilaku menyimpang dinilai negative pleh masyarakat. Demikian pula,menurut pandangan umum perilaku itu dianggapmerugikan masyarakat.
Namun, ternyata menurut salah seorang pendiri sosiologi, Emiele Durkheim (1895-1982), perilaku menyimpang bukanlah perilaku yang semata mata tak normal dan melulu bersifat negative. Menurutnya, perilaku menyimpang memiliki kontribusi positif bagi kelangsungan masyarakat secara keseluruhan. Durkheim berpendapat, bahwa ada empat kontribusi penting dari perilaku menyimpang, yaitu sebagai berikut :
a.       Perilaku menyimpang memperkokoh nilai-nilai dan norma dalam masyarakat. Setiap konsep kebajikan merupakan lawan dari ketidakbaikan. Dengan demikian tidak akan ada kebaikan tanpa ada ketidakbaikan. Karena itu, perilaku menyimpang sangat diperlukan untuk semakin meneguhkan moralitas masyarakat.
b.      Tanggapan terhadap perilaku menyimpang akan memperjelas batas moral. Dengan menyatakan beberapa orang sebagai perilaku menyimpang,masyarakat memiliki kejelasan batas mengenai apa yang benar dan apa yang salah.
c.       Tanggapan terhadap perilaku menyimpang akan menumbuhkan kesatuan masyarakat. Masyarakat umumnya menindak perilaku menyimpang yang serius dengan tindakan tegas secara bersama-sama. Dengan demikian, masyarakat menegaskan kembali ikatan  moral yang mempersatukan mereka.
Contoh : tragedi WTC


Lihat Vidio :


d.      Perilaku menyimpang mendorong terjadinya perubahan sosial. Para pelaku perilaku menyimpang akan menekan batas moral masyarakat, memberikan alternative baru terhadap kondisi masyarakat dan mendorong berlangsungnya perubahan. Menurut Durkheim, perilaku menyimpang yang terjadi saat ini akan menjadi moralitas baru bagi masyarakat di masa depan.

BERBAGAI TEORI TENTANG PERILAKU MENYIMPANG
Mengapa terjadi perilaku menyimpang? Pertanyaan ini dapat dijelaskan secara sederhana maupun berdasarkan berbagai teori.
1.      Penjelasan sederhana
Perilaku menyimpang terjadi karena berlangsungnya proses sosialisasi yang tidak sempurna, dan adanya subkebudayaan penyimpangan sosial. Kedua sebab tersebut bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut :
a.       Berlangsungnya proses sosialisasi yang tidak sempurna. Artinya apa yang diajarkan dalam keluarga dan sekolah berbeda dengan apa yang dilihat dan dialami seseorang dalam kehidupan nyata di masyarakat. Misalnya, dalam keluarga anak diajarkan berbuat jujur, namun dalam masyarakat ternyata begitu banyak orang yang tidak berbuat jujur.
b.      Adanya subkebudayaan penyimpangan sosial. Artinya, seseorang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan budaya yang diwarnai oleh subbudaya penyimpangan sosial. Misalnya, seorang anak yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarga/masyarakat preman, potensial melakukan tindakan premanisme.

2.      Penjelasan berdasarkan teori-teori tentang gejala perilaku menyimpang
Penjelasan itu antara lain dikemukakan oleh: teori biologis, teori labeling, teori sosialisasi, teori disorganisasi sosial, teori ketegangan, teori anomi, dan teori konflik. Berikut dikemukakan garis besar uraian mengenai teori-teori tersebut. (Gibbons & Jones, 1975; Marcionis, 1997; Calhoun, 1997; Schaefer & Lamm, 1998)

2.1.Teori Biologis
Teori ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1876 oleh Caesare Lombroso (1835-1909). Menurutnya, para pelaku kejahatan umumnya memiliki cirri fisik: raut muka murung/sedih, rahang dan tulang pipi menonjol, daun telinga menonjol keluar, bulu bulu yang berlebihan, dan jari-jari yang luar biasa panjang, sehingga membuat mereka menyerupai nenek moyang manusia (kera). Namun, menurut Charles Buckman Goring, ada kelemahan dalam pendapat Lombroso, yaitu hanya didasarkan pada penelitian dengan sampel yang sangat terbatas.
Berbagai penelitian genetis dan sosiobiologi mutakhir terus mencoba mencari kaitan yang masuk akal antara kondisi biologis dan kejahatan. Namun, belum ada temuan yang rinci dan meyakinkan, yang membuktikan kaitan antara kondisi biologis dan kejahatan. Hanya, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor biologis bisa menyebabkan orang melakukan tindakan kejahatan.

2.2.Teori Labeling
Sebuah tindakan disebut perilaku menyimpang karena orang lain/masyarakat memaknai dan menamainya (labeling) sebagai perilaku menyimpang. Jika orang/masyarakat tidak menyebut sebuah tindakan sebagai perilaku menyimpang, maka perilaku menyimpang itu tidak ada. Penyebutan sebuah tindakan sebagai perilaku menyimpang sangat bergantung pada proses deteksi, definisi, dan tanggapan seseorang terhadap sebuah tindakan.
Sebagai contoh, sekelompok masyarakat di sebuah desa di Filipina, melakukan tindakan sabung ayam. Bagi kita, mungkin tindakan itu dianggap sebagai bentuk perilaku menyimpang. Namun, bagi sebagian penduduk Filipina, tindakan itu ternyata merupakan ritual penting untuk menghayati kehidupan yang jujur. Jadi, proses deteksi,definisi, dan tanggapan seseorang terhadap tindakan sabung ayam akan sangat menentukan penamaan (labeling) tindakan itu, apakah tindakan itu akan disebut perilaku menyimpang ataukah kgiatan ritual.
Lebih lanjut, menurut Harold Garfinkel ada kalanya masyarakat secara formal melakukan stigmatisasi melalui tata cara penghinaan (degradation ceremony). Stigmatisasi ini menjadikan orang sakit secara mental (mental illness). Akibat selanjutnya, mereka terus menerus melakukan perilaku menyimpang.

2.3.Teori Sosialisasi
Menurut Mark S. Gaylord dan John F.Galliher, orang yang memiliki perilaku menyimpang cenderung memiliki ikatan sosial dengan orang lain yang memiliki perilaku menyimpang, dimana orang tersebut mengokohkan norma norma dan nilai nilai yang menyimpang. Prinsipnya, setiap kelompok sosial akan mewariskan nilai nilai dan norma norma kelompoknya kepada anggota-anggota baru.
Kaum muda pada umumnya sangat terbuka terhadap norma, perilaku, dan nilai-nilai yang berasal dari subkultur berbeda, termasuk subkultur perilaku menyimpang. Karena itu, menurut Ronald R Akers perilaku teman-teman dekat merupakan sarana yang paling baik untuk memprediksi apakah perilaku seorang anak muda sesuai dengan norma yang berlaku ataukah perilaku menyimpang.

2.4.Teori Ketegangan
Teori ketegangan dikemukakan oleh Robert K.Merton. ia menyatakan bahwa perilaku menyimpang lahir dari kondisi sosial tertentu. Tepatnya, munculnya perilaku menyimpang ditentukan oleh seberapa baik sebuah masyarakat mampu menciptakan keselarasan antara aspirasi warga masyarakat (missal, keinginan untuk hidup sukses) dengan cara pencapaian yang dilegalkan masyarakat (missal, pekerjaan). Jika tidak ada keselarasan antara aspirasi-aspirasi warga masyarakat dengan cara cara legal yang ada, maka akan lahir perilaku menyimpang.
Jadi, perilaku menyimpang merupakan akibat dari adanya ketegangan antara aspirasi apa yang dianggap bernilai oleh warga masyarakat dan cara pencapaian aspirasi yang dianggap sah oleh masyarakat.

2.5.Teori Disorganisasi Sosial
Konsep tentang disorganisasi sosial didasarkan pada karya William I. Thomas dan Florian Znaniecki. Istilah disorganisasi sosial mengacu pada penjelasan mengenai perilaku menyimpang dan kondisi masyarakat yang menyebabkannya.
Menurut teori ini perilaku menyimpang merupakan produk dari perkembangan masyarakat yang tak seimbang, didalamnya terjadi perubahan dan konflik yang berdampak pada perilaku masyarakat.
Teori ini menekankan bahwa masyarakat terorganisasi bila anggota masyarakat membangun kesepakatan mengenai nilai dan norma fundamental sebagai dasar indakan bersama. Organisasi sosial atau tata sosial terwujud ketika ada ikatan yang kuat diantara individu individu dan lembaga lembaga dalam masyarakat. Ikatan ini meliputi kesepakatan luas mengenai tujuan yang dihargai dan diperjuangkan. Dengan demikian, disorganisasi sosial adalah kekacauan sosial.

2.6. Teori Anomi
Emiele Durkheim, sosiolog dari perancis, memperkenalkan konsep tentang anomi dalam karyanya yang terkenal The Division of Labour in Society. Buku tersebut dipublikasikan pada tahun 1893. Ia menggunakan konsep anomi untuk mendeskripsikan kondisi tanpa norma yang terjadi dalam masyarakat. Anomi berarti runtuhnya mengenai bagaimana masyarakat seharusnya bersikap terhadap yang lain. Masyarakat tidak tahu lagi apa yang bisa diharapkan dari orang lain. Kondisi itu, menurut Durkheim, akan melahirkan perilaku menyimpang.
Anomi mengacu pada hancurnya norma norma sosial, ketika norma tidak lagi mengontrol tindakan anggota masyarakat. Individu individu tidak dapat menemukan kedudukan dan peran mereka dalam masyarakat. Mereka juga tak dapat menemukan aturan-aturan jelas yang membantu mengarahkan mereka. Kondisi yang berubah itu mengarah pada ketidakpuasan, konflik, dan perilaku menyimpang.
Menurut pengamatan Durkheim, kekacauan sosial (misalnya depresi ekonomi) akan mengakibatkan anomi dan naiknya tingkat kejahatan, bunuh diri, dan perilaku menyimpang lainnya. Perubahan yang mendadak (entah itu dalam masa kemakmuran ataukah masa depresi) akan menyebabkan terjadinya anomi.

2.7.Teori Konflik
Menurut teori ini, perilaku menyimpang merupakan akibat dari ketidaksamaan dalam masyarakat. Teori ini menekankan bahwa seseorang atau perbuatan yang disebut perilaku menyimpang tergantung pada kekuasaan relative dari kelompok masyarakat.
Alexander Liazos (1972) mencatat bahwa konsep umum mengenai perilaku menyimpang misalnya orang gila, pelacur, gelandangan, menunjuk pada masyarakat yang tidak memiliki kekuasaan. Mereka diberi stigma sebagai pelaku perilaku menyimpang.


LEMBAGA PENGENDALIAN SOSIAL
1.      Pengertian dan Fungsi Lembaga Pengendalian Sosial
Lembaga pengendalian sosial sering disebut juga lembaga control sosial. Ada berbagai definisi yang dikemukakan oleh para pakar mengenai apa itu lembaga pengendalian sosial. Beberapa definisi tersebut, antara lain :
a)      Lembaga pengendalian sosial adalah segala proses, baik yang direncanakan maupun tidak, yang bersifat mendidik, mengajak atau bahkan memaksa warga-warga masyarakat agar mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai sosial yang berlaku. (Joseph S. Roucek)
b)      Lembaga pengendalian sosial adalah berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggota-anggotanya yang membangkang. (Peter L. Berger)
c)      Lembaga pengendalian sosial adalah berbagai sarana untuk mendorong warga masyarakat agar bersedia mematuhi norma-norma yang berlaku. (John J. Macionis)
Berdasarkan berbagai definisi tersebut dapat dikatakan bahwa hakikat dari lembaga pengendalian sosial adalah berbagai upaya yang dilakukan kelompok atau masyarakat untuk membuat anggota-anggotanya bersedia mematuhi norma yang berlaku dalam kelompok atau masyarakat yang bersangkutan.

2.      Cara, Sifat, dan Subjek dalam Pengendalian Sosial
Pengendalian sosial bisa dipahami dari berbagai dimensi, antara lain, berdasarkan sifatnya (prefentif dan represif), cara pelaksanaannya (persuasive dan koersif), dan jumlah pelaku serta sasaran yang dituju (perorangan dan kelompok).

2.1. Cara pengendalian sosial
Dilihat dari dimensi cara pelaksanaannya, pengendalian sosial bisa dibedakan atas pengendalian sosial yang dilaksanakan secara persuasive dan koersif.
a)      Cara Persuasif
Cara persuasive merupakan upaya pengendalian sosial yang dilakukan dengan menekankan pada tindakan yang sifatnya mengajak atau membimbing warga masyarakat agar bersedia bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Cara persuasive cenderung menekankan pada upaya penyadaran masyarakat.
b)      Cara koersif
Cara koersif merupakan upaya pengendalian sosial yang dilakukan dengan menekankan pada tindakan yang sifatnya memaksa warga masyarakat agar bersedia bertindak sesuai dengan norma yang berlaku. Cara koersif cenderung menekankan pada berbagai upaya pemaksaan masyarakat. Upaya ini semestinya digunakan seminimal mungkin, yaitu bila upaya persuasive tidak memberikan hasil.

2.2.Sifat Pengendalian Sosial
berdasarkan sifatnya, pengendalian sosial terdiri dari upaya preventif dan upaya represif. Berikut keterangan lebih jelasnya :
a)      Upaya Preventif
Yaitu berbagai upaya pengendalian sosial yang dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai gangguan terhadap kedamaian dan ketertiban masyarakat. Upaya upaya preventif dilakukan misalnya melalui proses sosialisasi. Contoh : iklan layanan masyarakat yang berisi ajakan untuk menciptakan pemilu dengan damai
b)      Upaya Represif
Yaitu berbagai upaya pengendalian sosial yang dilakukan untuk mengembalikan kedamaian dan ketertiban masyarakat yang pernah terganggu. Upaya upaya represif dilakukan dalam bentuk pemberian sanksi kepada warga masyarakat yang menyimpang atau melanggar norma yang berlaku. Contoh : penjatuhan pidana penjara kepada pelaku korupsi.

2.3.Pelaku dan Sasaran Pengendalian Sosial
Bila dilihat berdasarkan jumlah pelaku dan sasaran yang dituju, upaya pengendalian sosial terdiri atas beberapa hal berikut ini :
a)      Pengendalian sosial yang dilakukan oleh individu terhadap individu lainnya.
b)      Pengendalian sosial yang dilakukan oleh individu terhadap kelompok.
c)      Pengendalian sosial yang dilakukan oleh kelompok terhadap individu
d)     Pengendalian sosial yang dilakukan oleh kelompok terhadap kelompok lain.

3.      Jenis-Jenis Lembaga Pengendalian Sosial
Ada berbagai jenis lembaga pengendalian sosial yang berfungsi untuk mencegah dan mengatasi perilaku menyimpang. Lembaga pengendalian sosial tersebut meliputi: gossip, teguran, hukuman, pendidikan, dan agama. Berikut eterangan lebih jelas:
3.1.Gosip
Gossip sering juga disebut dengan desas desus atau kabar burung. Gossip merupakan berita yang menyebar belum tentu/tanpa berlandaskan pada kenyataan atau fakta. Dengan demikian gossip bisa saja benar, namun bisa pula salah. Jadi berita dalam gossip masih diragukan kebenarannya. Sebab sering kali berita dalam gossip tidak jelas sumbernya.

3.2.Teguran
Teguran adalah peringatan yang dilakukan oleh satu pihak kepada pihak lain. Teguran itu bisa dilakukan oleh seseorang kepada orang lain, seseorang kepada kelompok lain, satu kelompok kepada seseorang, atau dari kelompok kepada kelompok lain. Teguran bisa dilakukan dengan cara lisan dan atau secara tertulis.

sumber : Sosiologi untuk SMA kelas X, oleh Saptono, Bambang Suteng S. penerbit: Phibeta, 2006

16 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  2. BONUS 10% EVERY DAY

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan buat permulaan akun permainan judi atau taruhan online pada anda di perwakilan judi online yg bertaraf International, jadi dan terpercaya hanya di agen bola.

    Juga Sebagai Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh ketua Isle of Man guna beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    sabung ayam s1288

    Ayo daftar sekarang di zeusbola.biz

    BalasHapus
  3. BONUS 10% SETIAP HARI!

    Agen Poker pulsa Terpercaya Di Indonesia, susunan badal Poker Online memajukan pulsa yaitu sepaham pemilikmodal judi yang cadang atraksi poker online pada waktu ini sudah sangat gampang degnan adanya permainan ini judi online deposit dengan pulsa fasilitas dalam berpura-pura disebuah pementasan poker online yang boleh kita jumpai kala ini sebenarnya buah dari semakin tumbuhnya jaman dan teknologi saat ini didalam tontonan cagaran online. Berlandaskan cukup merancangkanmengagendakan pulsa penaka kapital deposit pertunjukan di zeus bola online, anakbuah sudah mendapatkan putaran yang raya berlagu dan memboyong permainan.

    Bermegah-Megah merancangkanmengagendakan pulsa didalam tontonan judi online tentunya sebenarnya akan kian menyederhanakan anakbuah waktu kalian mengamalkan pergelaran taruhan online. Sehubungan munculnya deposit via pulsa maka petugas tentu bisa berdasarkan ringan antep sok lalu berperan pemenang didalam sebuah pergelaran poker. Pergelaran judi online endapan dengan pulsa tentunya bakal menggondol sebagian relevansi bergaya yang larat berwujud pulsa jua maupun berwujud uang autentik didalam sekarakter permainan judi online.

    BACA JUGA:

    http://134.209.98.69/langkah-menang-main-poker-online-menggunakan-pulsa/
    http://134.209.98.69/agen-capsa-susun-pakai-pulsa-terpercaya-2019/
    http://134.209.98.69/cara-memilih-agen-judi-online-pakai-pulsa-terpercaya/


    Daftar sekarang di ZeusBola

    BalasHapus
  4. Nikmati Kemudahan DEPOSIT PULSA di Donaco Poker...
    Proses Cepat dan Mudah..

    Mainkan Permainan Dengan Kemenangan Tinggi menggunakan 1 user ID di Donaco Poker...
    * POKER
    * DOMINO
    * BANDAR CEME
    * CAPSA SUSUN
    * CEME KELILING
    * SUPER TEN
    * OMAHA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  5. Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
    Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  6. Deposit Via Pulsa Murah – Judi online saat ini tidak mewajibkan anda melakukan deposit menggunakan uang anda langsung. Situs Pokervita saat ini telah menyediakan layanan deposit pulsa yang memperbolehkan anda bermain judi via pulsa. Minimal deposit via pulsa murah sekali, mulai dari pulsa Rp. 5.000,-. Serta untuk saat ini, situs Pokervita menerima deposit via pulsa untuk provider Telkomsel, Axis dan XL.

    http://167.71.214.170/
    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Judi Deposit Pulsa
    Bandar66 Pulsa
    Deposit Via LinkAja

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  7. Donaco Poker

    Permainan poker terpecaya Saat ini :
    POKER ONLINE 7 PERMAINAN (1 USER ID)
    1. POKER ONLINE

    2. BANDAR CEME

    3. CEME KELILING

    4. DOMINO QIU-KICK

    5. SUPER TEN

    6. CAPSA SUSUN

    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    WHATSAPP : +6281333555662
    Terima Kasih Bossku

    BalasHapus
  8. Winning303
    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Poker IDN

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5%
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  9. MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]

    BURUAN JOIN YA BOSKU ^^
    WA : +62822-6793-2581[/b]

    AGEN JUDI POKER VIA PULSA
    SABUNG AYAM S128
    MUSEUM AYAM

    BalasHapus
  10. Suka bermain game online???/
    Apalagi menggunakan pulsa????
    tentu mau donk..

    Mari join & bergabung bersama kami di Winning303
    Dapatkan bonus deposit pulsa TANPA POTONGAN

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :

    - WA : +6287785425244

    BalasHapus
  11. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  12. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERBAIK 2021

    PROMO BONUS MEMBER BARU 50%
    YUK GABUNG SEKARANG BERSAMA MBO128
    ADA FREE ANGPAO Rp.50.000,- JUGA LOHH

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

    • PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    • BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    • E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)

    BalasHapus
  13. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Agen IDN Poker Online Terpercaya Indonesia

    Keuntungan Bermain IDN Poker Online Deposit Pulsa

    BalasHapus

  14. Modal 50 rb jadi jutawan tunngu apala lagi
    silahan regis dan buktikan sendri ^^
    sudah banyak member2 yg merasakan nya
    New member 10%

    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

    BalasHapus
  15. DONACOPOKER merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru, tapi untuk kualitas nya jangan tidak perlu di ragukan lagi. Mengapa? karena DONACOPOKER ini adalah salah satu cabang dari server Poker IDN Play yang dimana itu adalah salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah terbukti akan kualitasnya.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - 100 Player vs Player
    - Fair Play
    - Customer service 24 jam nonstop
    - Sistem keamanan terjamin TERBAIK
    - Server Terbaru dan aman
    - Kemenangan Yang Selalu Hadir Untuk membernya
    - Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    PERMAINAN 1 ID BISA BERMAIN SEMUA GAME
    1. POKER ONLINE
    2. SLOT ONLINE
    3. TOGEL
    4. IDNLIVE

    Dapatkan BONUS Terbanyak Yang Kami Sediakan Untuk Member Setia DONACO POKER
    - BONUS REFFERAL seumur hidup Dengan Mengajak Teman Dan Rekan Anda Untuk Bermain.
    - BONUS CASHBACK 0,3% Dihitung Dari Turnover Anda. Semakin Banyak Jumlah Turnover Anda, Semakin Banyak Bonus Yang Anda -
    - BONUS WEEKEND 15% (BERLAKU SETIAP SABTU & MINGGU)
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    Dapatkan Yang Dibagikan 1 KALI DALAM SEMINGGU !!
    Android & IOS Support Yang Akan Memudahkan Anda Bermain Dimanapun dan Kapanpun. Download Permainan Kami & Mainkan !

    Apabila masih terdapat kesulitan dalam mengakses situs poker donaco, maka anda bisa menghubungi kami kembali di kontak berikut ini.

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : 081333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT : Klik ====> SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  16. ZEUSBOLA Situs Judi Terlengkap dan Terpecaya..
    *Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    BalasHapus